Rabu, 01 Mei 2013

Kegunaan dan Fungsi BodyKit dan Spoiler


Komponen yang sering dipakai untuk modifikasi adalah adanya aplikasi BodyKit dan Spoiler

. Merupakan mengubah atau menambahkan bagian eksterior mobil. Mulai dari bahan dan bentuknya pun bermacam-macam, ada juga yang sudah berupa barang jadi atau sering disebut add-on ataupun yang bikinan sendiri disebut model custom.


* Body Kit
Body kit itu terdiri dari bumper depan (Front Bumper) dan bumper belakang (Rear Bumper), bagian samping (Side Skirt). Jika pihak pabrikan seperti Mugen, TRD, ataupun AMG, dalam membuat bodykit pasti telah membuat desain yang dapat memaksimalkan fungsi aerodinamis body, jadi tiap bagian dari body kit memiliki fungsi masing-masing, namun bukan berarti yang custom tidak memiliki kualitas desain yang aerodinamis, karena jika bengkel modifikasinya professional, pastinya akan membuat desain yang presisi dan mampu mengejar fungsi aerodinamika.

Untuk bagian body kit yang berada dibagian bawah, seperti bumper dan side skirt, sebenarnya dibuat untuk lebih mendekatkan jarak bodi ketanah untuk memperkecil masuknya angin dari bawah sehingga pada kecepatan tinggi dapat mengurangi daya limbung / melayang, namun penggunaannya saat ini lebih kepada segi fashion
modifikasi saja terutama buat body kit custom yang desainnya tidak memperhitungkan segi aerodinamika.

Biaya pemasangan full body kit custom memiliki harga yang variatif, karena harga tergantung dari kredibilitas pembuat body kit tersebut, kualitas bahan, desain dan cat yang digunakan hingga cara pemasangannya. Umumnya untuk yang kualitas rendah memiliki kisaran harga kurang lebih 5 juta rupiah untuk full set, sedangkan untuk yang kualitas medium ke atas yang biasa dikerjakan oleh bengkel
modifikasi dengan kualitas lebih baik memiliki kisaran harga 20 juta hingga 25 juta untuk full set body kit fiber.



* Spoiler
Penggunaan Spoiler dibagian belakang mobil pada awalnya hanya dipakai untuk mobil balap, karena spoiler dipercaya mampu mengontrol arah angin yang datang ke mobil sehingga mobil mendapat daya tekan lebih pada bagian belakang (Downforce) agar bisa tetap melaju dengan mulus diatas aspal tanpa melayang ataupun melintir saat menikung. Bentuk umumnya spoiler memiliki tiang penyangga yang cukup tinggi dengan lembaran karbon yang didesain cukup besar dan lekukan yang sporty sedikit terlihat kaku dan berat.

Karena dipergunakan dalam ajang balap, maka dari itu bahan yang dipergunakan pun berupa karbon karena selain lebih kuat tapi juga ringan dibandingkan dengan model fiber yang cepat patah ataupun yang berbahan lempengan besi yang terlalu berat. Dalam perkembangannya, saat ini sudah banyak wing hanya untuk penggunaan aksesoris
modifikasi ringan berbagai jenis mobil. Modelnya pun ada yang sudah asli dibuat pabrik berbahan karbon dan ada pula yang model custom yang biasanya dibentuk dari bahan fiber oleh modifikator untuk keperluan fashion saja.

Spoiler yang umumnya dibuat untuk diletakkan di bagian buritan / belakang seperti bagasi atau untuk mobil tanpa bagasi dibagian belakang atas kaca belakang. Bentuk spoiler itu menyerupai wing, hanya saja spoiler itu cenderung berbentuk lebih landai dan kecil dan umumnya langsung menempel pada body. Fungsi spoiler sebenarnya didesain untuk lebih membantu fungsi body kit bagian bawah, yaitu untuk mengurangi gejala melayang saat mobil melaju (Fungsi Aerodinamika). Saat ini aplikasi spoiler bisa dipergunakan pada setiap kendaraan non bagasi maupun bagasi, baik itu untuk kendaraan kontes ataupun kendaraan harian karena mampu membuat penampilan mobil standar tampak lebih sporty look.

Bentuk spoiler yang memiliki ukuran lebih kecil dengan desain lekukan mengara keatas layaknya ekor itik serta terlihat lebih menyatu dengan body belakang dikenal dengan sebutan ducktail. Placement spoiler ataupun ducktail tidak selalu diatas bagasi mobil tetapi bisa juga diletakkan dibibir roof belakang mobil bagi kendaraan yang tidak ada bagasinya.
Harga yang diterapkan pun bervariasi, yang pasti berbahan karbon lebih mahal dibandingkan dengan yang berbahan material fiber. Untuk pemasangannya, antara wing dengan kap bagasi posisinya harus presisi, kemudian dibaut oleh mur dan baut. Jadi bagasi harus dilubangi seukuran diameter mur agar tidak ada lubang lebih yang dapat dimasuki air.

Semoga Bermanfaat :)

1 komentar: