Selasa, 07 Mei 2013

Resume 2

PERILAKU KONSUMEN

Perilaku konsumen merupakan faktor penting dalam manajemen pemasaran karena feedback bagi produsen untuk menciptakan produk/barang lebih baik dari sebelumnya. Konsumen itu sendiri dapat dirasakan oleh diri sendiri, kita membeli suatu produk adalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tapi tidak semua produk/barang yang kita punya sempurna untuk memenuhi kebutuhan kita, tapi ada kekurangan dan kelebihannya.
Karena yang biasanya konsumen mencari kepuasaan terhadap barang yang dibeli tanpa melihat apakah sudah sesuai dengan kebutuhanya. Dan sekarang sini banyak lembaga perusahaan yang menawarkan barang bukan lagi melihat dari isi yang terkadung tetapi mencari kelemahan konsumen yang tertarik kepada packaging produk tersebut dan efeknya konsumen dirugikan karena apa yang dijual tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan.

Contohnya kita sebagai mahasiswa pasti membutuhkan laptop untuk mengerjakan semua tugas kuliah, tapi tidak semua mahasiswa mempunyai laptop yang sama. Karena sekarang banyak produk laptop yang canggih dengan fitur serba ada, mahasiswa biasanya lebih memilih membeli laptop yang canggih tanpa memikirkan kebutuhannya, padahal dengan laptop yang standar untuk mahasiswa cukup untuk memenuhi kebutuhan tugas kuliahnya. Jadi untuk apa beli yang mahal jika itu semua terlalu berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar