Selasa, 07 Mei 2013

Resume 4

STRUKTUR PASAR

Struktur adalah bagian-bagian satu sama lain yang saling berkaitan menjadi penggolongan. Sedangkan, Pasar adalah tempat transaksi jual beli dari suatu barang atau jasa sehingga mendapatkan harga yang sesuai dengan penjual dan pembeli.
Jenis pasar terdiri dari :
  • Pasar persaingan sempurna
Jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dengan produksi yang bersifat homogen atau memiliki produk yang sama. Dengan penentuan harga melalui penawaran dan permintaan.
  • Pasar Monopoli
Bentuk interaksi permintaan dan penwaran hanya satu penjual hanya ada yang mengusai pasar.
  • Pasar Monopolistik
Pasar yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya, sedangkan unsur persaingan pada banyak penjual yang menjual produk sejenisyang menghasilkan barang yang sama tapi memiliki perbedaan dan ciri dari masing-masing produk.
  • Pasar Oligopoli
Pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area atau pasar.
  • Pasar Monopsomi
Pasar yang dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas.

Sekarang persaingan pasar sudah tidak asing lagi dengan adanya pasar modern mulai dari supermarket hinga mall yang sudah banyak diminati para masyarakat kita. Karena tempat yang bersih dan nyaman dan mempunya struktur pemasaran yang membuat menarik masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar