Selasa, 07 Mei 2013

Resume 1

PENENTUAN HARGA PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Permintaan adalah seseorang yang memiliki kesanggupan untuk membeli suatu barang untuk memenuhi kebutuhannya. Sesuai dengan hukum permintaan "Jika harga suatu barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan berkurang tapi sebaliknya jika harga suatu barang turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan".

Contohnya seperti saat harga kebutuhan pokok mendekati hari-hari besar ataupun hari raya, maka semua harga kebutuhan seperti beras, sayuran, dan lain-lain akan naik. Maka masyarakat tetap akan membeli karena itu merupakan kebutuhan utama untuk kehidupan sehari.

Penawaran adalah memasarkan atau menjual barang ataupun jasa dalam bentuk perseorangan ataupun perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dan memenuhi target penjualan yang sudah direncanakan sebelumnya. Sesuai dengan hukum penawaran "Jika harga dari suatu barang itu naik, maka jumlah  barang yang akan ditawarkan akan naik dan jika harga barang itu turun, maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun juga".
Contohnya seperti perusahaan mobil Toyota mengeluarkan jenis varian MPV dengan harga yang murah maka tingkat penawaran kepada konsumen dengan promosi menarik maka akan banyak tertarik sehingga target penjualan terpehuni oleh perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar