Rabu, 01 Mei 2013

Mengganti Ukuran Velg dan Ban


Setiap orang yang memiliki mobil pastinya ingin tampil beda dengan mobil lainnya, oleh sebab itu berbagai cara dilakukan dari cara sederhana sampai ke cara yang paling ekstrim dapat dilaplikasikan pada mobil. Salah satu cara yang paling sederhana dan cepat untuk membuat mobil tampil beda adalah mengganti velg standar atau original dengan yang aftermarket.


Velg dan ban adalah dua bagian yang tidak dapat dipisahkan. Dalam dunia modifikasi ukuran velg dan ban sangat berpengaruh pada penampilan dari sebuah kendaraan, namun diluar dari itu perlu diingat juga besar ukuran dari velg dan ban sangat mempengaruhi faktor kenyamanan saat berkendara. Untuk itu, mengganti velg dan ban tidak bisa sembarangan, ada banyak hal yang patut diperhatikan agar tidak ada penyesalan dan kendala dikemudian hari.


Khusus mobil daily use / harian bila ingin diganti velg yang ukurannya lebih besar dari aslinya / original equipment (OE), sebaiknya menggunakan velg maksimal plus two dari ukuran standarnya, misalnya standar velg yang diberikan oleh pihak ATPM adalah 15” maka maksimal penggunaan velg adalah 17”. Hal ini dimaksudkan supaya penggunaan velg tidak akan menyusahkan anda dikemudian hari dengan adanya modifikasi kaki-kaki, karena ini berkaitan dengan kenyamanan yang akhirnya menyentuh pada performa mobil dalam penggunaan sehari-hari. 

Rekomendasi dari pabrik sebuah kendaraan dapat mengganti ukuran velg tanpa mengurangi performa dari mesin dan kenyamanan dalam berkendaraan adalah maksimal 2 tingkat (+ 2) dari ukuran standar yang di dapat dari pabrik. Tetapi dalam dunia modifikasi sebuah mobil dapat mengganti ukuran peleknya hingga 4 tingkat (+4) diatas ukuran velg standarnya tanpa perlu melakukan perubahan pada bodi mobil. Tentunya pergantian ukuran velg dengan yang lebih besar ini harus diikuti dengan pergantian ukuran ban yang benar sehingga tidak akan terjadi gejala mentok pada bodi dalam mobil maupun pada fender mobil.



Berbeda dengan penggunaan untuk segmentasi fashion atau show off (salah satu penggunaannya untuk mobil kontes). Pada mobil untuk show off biasanya penggantian ukuran mencapai tingkat 4(+4) hal ini diperlukan karena memang velg sangat berperan sebagai trendsetter dan untuk point penilaian kontes sehingga mobil hanya diperuntukkan pada saat kontes berlangsung. Dari sini pun ada berbagai karakter dalam penggunaan show off seperti menggunakan aliran ekstrim, elegant, racing, ataupun retro.

Efek Merubah Ukuran Ban dan Pelek
Banyak orang bertanya, apakah ada pengaruhnya atau efek jika telah merubah ukuran velg dan ban?

Manfaat dari melakukan perubahan ukuran velg dan ban jadi lebih besar diantaranya adalah respon handling mobil menjadi lebih baik ketika berubah arah atau bermanuver, karena area kontak ban dengan permukaan jalan menjadi lebih luas sehingga membuat daya cengkeram ban jadi lebih besar, selain itu penampilan mobil pun menjadi lebih sporty. Akan tetapi kelemahan setelah mengganti velg dan ban dengan yang berprofil lebih tipis dan lebar akan sedikit mengurangi daya redam mobil terhadap permukaan jalan yang tidak rata dan sedikit lebih bising akibat kontak permukaan ban dengan jalan semakin besar.

Hal ini memang tidak berlaku pada setiap mobil yang ada tetapi dapat menjadi panduan untuk mengganti ukuran velg yang lebih besar dengan aman. Agar velg dan ban terpasang dengan baik dan benar tanpa masalah, maka kombinasi dari lebar velg dengan ukuran ban harus sesuai. Hasil dari kombinasi lebar velg dengan ukuran ban diatas adalah berpatokan dengan bentuk ban yang dapat pas melindungi bibir pelek setelah diganti serta agar terhindar dari ban terpentok dengan fender saat setir dibelokkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar