Kamis, 03 April 2014

Sering di Depan Komputer Bikin Mata Rusak


Mata bisa jadi disebut sebagai panca indera kita yang utama, namun sering kali kita mengabaikan hal-hal yang tidak baik untuk mata. Kesehatan mata adalah hal yang paling diperhatikan ketika Anda harus bekerja berjam-jam di depan komputer. Beberapa gangguan mata yang biasanya timbul saat harus bekerja berjam-jam di depan komputer, antara lain mata kering, penglihatan yang blur, sakit kepala, dan mata lelah. Memang mata kita bisa mengalami gangguan atau masalah tersebut jika kita terlalu sering atau banyak menghabiskan waktu di depan komputer. Lalu apakah ada cara yang tepat untuk mencegah atau mengatasi hal tersebut? Saya akan sedikit berbagi tips.



Pertama, usahakan untuk berkedip sesering mungkin. Saat seseorang sudah di depan komputer dan bekerja dengan komputer, biasanya ia akan lupa hal lainnya, bahkan untuk berkedip sekalipun. Berkedip akan membuat mata Anda tidak cepat lelah atau tidak mudah kering. Jika perlu tempelkan kertas atau\tulisan di pinggir layar monitor Anda dengan tulisan, "Jangan lupa untuk berkedip." hehehe

Kedua, jika perlu, gunakan obat tetes mata. Pada beberapa kasus, mata wanita lebih mudah kering daripada mata pria. Selain itu, Anda bisa konsumsi minyak ikan secara teratur atau makan ikan dua hingga tiga kali seminggu. 



Ketiga, jangan gunakan cahaya yang terlalu terang. Cahaya monitor komputer yang terlalu terang akan mengganggu penglihatan Anda. Sesuaikan penerangan di meja atau ruangan Anda, tidak terlalu silau juga tidak terlalu redup. Akan lebih baik, Anda gunakan sinar matahari alami langsung di pagi atau sore hari untuk menggantikan sinar lampu ruangan komputer Anda.

Keempat, bersihkan monitor komputer Anda. Membersihkan monitor komputer Anda dari debu atau kotoran akan membuat Anda lebih mudah melihat atau membaca teks di monitor komputer Anda. 

Kelima, berolahragalah 30 menit sehari. Jalan-jalan selama 30 menit dalam sehari bisa mengurangi tekanan intraokular pada orang-orang yang menderita glaukoma dan jangan terus-terusan bekerja di depan komputer tanpa berhenti atau beristirahat seharian penuh. Mata Anda dan tubuh Anda perlu istirahat dan peregangan.


Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar