Kamis, 03 April 2014

Merawat Kaki-Kaki Motor Sehabis Melewati Jalan Berlubang

Habis banjir jalanan rusak di mana-mana. Banyak lubang yang tak terlihat karena tertutup oleh genangan air, tiba-tiba lubang besar berhadapan dengan motor kalian. Yaah ada yang bisa menghindar ada pula yang bablas alias menghajar lubang. Kaki-kakilah yang teracam oleh jalan berlubang yang keras ada beberapa part yang harus diperhatikan. Pertama sudah pasti velg, karena dialah yang kontak langsung dengan jalanan. Velg bisa peyang yang menggunakan pelek racing, sama juga dengan pelek jari-jari yang langsung bisa terdeteksi pada jari-jarinya yang sebagian akan mengendur. Paling utama lagi jalannya jadi geol-geol kayak lagi goyang ngecor hehehe.
Nah, itu yang mudah terdeteksi. Jadi yang harus juga diperhatikan lebih jauh adalah bagian roda. Benturan kadang bisa sampai ke bearing tromol, untuk mendeteksi bagian bearing cukup digoyangkan ke kanan dan kiri. Bila laher pecah bakal oblag dari bagian hub atau tromolnya. Juga akan ditandai pada as roda kecoklatan. Komstir juga rawan rusak untuk hajar-hajar lubang. Mendeteksinya posisikan motor dengan standar tengah. Kemudian angkat motor dengan memegang behel belakang atau dengan kedua tabung sokbreker, lalu digoyangkan kedepan dan belakang. Aapabila agak gredeg dan oblak, coba dikencangkan atau distel ulang. Bila sudah longgar alias tak bisa disetel lagi, itu tandanya laher komstir pecah.
Semoga bermanfaat tips dari Saya Bro :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar