Kamis, 03 April 2014

Kelebihan dan Kekurangan Bengkel Resmi dan Bengkel Umum

Saat ini banyak tersedia bengkel resmi dan tidak resmi yang memiliki fasilitas berbeda. Namun bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi seharusnya tahu mana bengkel yang yang harus dipilih. Sebab, tidak selamanya kedua bengkel ini memuaskan, ada kelebihan dan ada juga kekurangannya karena ada beberapa hal yang dimiliki bengkel umum tapi tidak dimiliki bengkel resmi, begitu juga sebaliknya. Berikut saya jelaskan perbedaannya :

1. Harga
Harga atau tarif bengkel resmi biasanya lebih tinggi dari bengkel umum. Misalnya untuk tune-up di bengkel umum sekitar Rp 250 ribuan. Bahkan di bengkel umum konsumen bisa tawar-menawar.
Sementara tune-up di bengkel resmi di atas Rp 250 ribu, belum termasuk jasa kerja. Kondisi ini yang membuat pemilik mobil lebih merasa pas pergi ke bengkel umum. Berbeda jika mobil yang masih masuk masa garansi. Pemilik mobil pasti memanfaatkan masa garansi.

2. Ruang Tunggu
Ruang tunggu bengkel umum memang tidak senyaman ruang tunggu bengkel resmi yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti AC, TV, sofa, sampai wi-fi. Berbeda dengan ruang tunggu bengkel umum yang hanya seadanya dan kurang nyaman, sering erdengar suara bising mesin mobil.

3. Jam Kerja
Bengkel resmi biasanya menerapkan jam kerja untuk para mekanik dalam 1 hari, cara ini cukup berpotensi banyak masalah karena mekanik dikejar waktu. Namun, untuk bengkel umum bisa lebih bebas dan tak terikat waktu. Dengan begitu konsumen lebih puas dan bisa bertanya-tanya pada mekanik.

4. Interaksi Dengan Konsumen
Komunikasi mekanik dengan konsumen dibengkel resmi sangat terbatas, dan ada juga beberapa bengkel resmi yang melarang konsumen untuk masuk ke area bengkel. Artinya pelanggan tidak bisa bertanya seputar mobil pribadinya selama diperbaiki.  Sedangkan untuk dibengkel umum mekanik dan konsumen bebas berbincang juga konsumen bisa melihat kendaraan pribadinya yang sedang diperbaiki.

5. Sparepart Asli dan Palsu
Konsumen yang suka ke bengkel umum dengan alasan lebih terjangkau harus mewaspadai adanya sparepart palsu. Tetapi kejadian ini hampir tidak terjadi dibengkel resmi, karena bengkel resmi menjaga nama baik bengkel dan merk kendaraan mereka.

6. Memilih Mekanik
Memilih mekanik tidak bisa dilakukan oleh bengkel resmi, karena siapapun bisa menangani mobil anda. Bisa saja bulan ini mobil Anda ditangani oleh si A, namun bulan depan dipegang oleh si B yang jelas memiliki keterampilan berbeda.

7. Keahlian Mekanik
Bengkel resmi mengklaim memiliki SDM diatas rata-rata mekanik bengkel umum. Namun, masing-masing mekanik memiliki tingkat kemampuan berbeda dalam memperbaiki kendaraan. Karena itu anda harus tahu benar bengkel resmi atau bengkel umum yang hendak dituju. cari informasi lewat teman atau saudara terlebih dahulu.

Kedua jenis bengkel ini ada kelebihan dan kekurangan, bagaimana kita memilihnya.
Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar