Selasa, 06 Mei 2014

Waspada, Bahaya Kasur Kapuk !!!

Kasur merupakan faktor penting dalam keseharian manusia, karena mempengaruhi kenyamanan pola tidur kita. Salah satunya kasur kapuk jenis kasur tradisional yang telah lama dikenal oleh masyarakat, terbuat dari bahan alami buah randu, nyaman dan empuk untuk digunakan. Namun pasti ada sisi negatifnya bagi  kesehatan.
Saya akan memberikan sedikit tips tentang kasur kapuk. Kasur adalah faktor penting yang ikut menentukan kualitas tidur, sekaligus kondisi punggung dan postur tubuh Anda. Dalam memilih kasur, faktor utama yang harus diperhatikan adalah kenyamanan. Kasur yang baik harus memenuhi syarat berikut:


- Didesain sehingga titik berat tubuh tersebar merata di seluruh bagian tubuh yang bersentuhan dengan kasur. Jika berat badan terpusat di satu titik saja, darah tidak bisa mengalir lancar.
- Dapat meredam gerakan tubuh saat tidur sehingga tidak mengganggu  orang lain yang tidur disebelah Anda.
- Dapat menopang lekuk alami tulang punggung dan menjaga susunan tulang punggung.Sebelum memilih kasur, cobalah berbaring dulu di atasnya. Jika Anda saat berbaring telentang atau miring, tubuh terasa menumpu pada satu titik (daerah pinggul dan bokong) berarti kasur tersebut tidak menopang tubuh dengan baik.



Ada berbagai jenis kasur, antara lain kasur kapuk, busa, pegas, dan lateks. Kasur kapuk kurang baik karena agak keras dan kurang dapat menopang lekuk tubuh. Debu kapuk pun dapat merangsang alergi. Kasur busa biasanya terlalu empuk, tidak lentur dan tak bisa menopang tubuh. Kasur pegas dan lateks bisa dipilih, namun kualitas bahan dan pembuatannya juga harus diperhatikan. Kasur pegas akan berkurang daya pegasnya setelah beberapa lama.



Selain kasur, pemilihan bantal sebaiknya juga diperhatikan. Bantal amat dianjurkan untuk menopang tulang leher yang bersambung dengan tulang belakang (punggung). Bantal yang baik:
1. Dapat menopang seluruh tulang belakang (dari leher hingga punggung) dalam satu garis lurus saat tidur miring.
2. Dapat menopang kepala dengan baik.
3. Menjaga kontur leher dan tulang punggung dengan baik.
4. Mudah diatur agar 'pas' dengan lekuk leher dan kepala.
5. Tidak menyebabkan alergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar