Senin, 29 April 2013

Vega ZR : Ceper Simpel dan Tidak Kumel


 Kali ini saya posting tentang tunggangan kesayangan saya. Ini motor sudah 3tahun saya pakai sejak kelas 3 SMA, bertema modifikasi ceper simple dan tidak banyak ubahan. Entah sejak duduk di bangku SMP saya sangat menyukai aliran modifikasi ceper ini karena terlihat enak dipandang, memakai ban tipis dan celup kedalam spakboard.
Motor Vega ZR keluaran tahun 2009 ini terlihat banyak ubahan dari edisi sebelumnya. Berbodi ramping dan lancip memberikan kesan sporty. Tapi yang ini lain dari yang lain karena sedikit saya modifikasi.
Dari warna body saya masih menggunakan warna standar pabrikan, hanya sebagian part yang saya ganti dan dichrome. Mulai dari velg, jari-jari, behel, standar samping, standar tengah, panel knalpot, injekan rem belakang, injekan gigi,
handle depan, kick starter, dan footstep.
Velg saya menggunakan DBS gold 17" serta jari-jari TDR dan dibalut oleh ban ukuran 50/90 Swallow.


Kemudian, untuk sektor kaki kaki saya buat bling-bling (chrome) dikerjakan di DahsyatChrome karena sudah banyak dipercaya dalam urusan chrome. Dan untuk swing arm saya bubut supaya terlihat cingkrang dan ban maju kedepan sepanjang 10cm oleh bengkel Lehman Crew.
Untuk jok sebagai alas saya menggunakan kulit MB-Tech custom menggunakan warna hitam perpaduan merah dan list kuning. Sebagai kesan pemanis saya tambahkan beberapa cutting stiker dan stiker sponsor. Untuk spakboard depan saya tamabahkan boom sticker serta list putih.

Mungkin hanya itu yang saya ubah, tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya tapi bisa juga dipakai gaya. Maklum namanya juga anak kost :D hehehe

Minggu, 28 April 2013

Macam-macam Aliran Modifikasi

Buat para penggemar modifikasi mobil pasti familiar dengan istilah JDM, Dub City, Vintage, dll. Yaap, istilah-istilah tersebut adalah nama-nama style aliran atau gaya modifikasi. Tapi apa yang mendeskripsikan masing-masing style? Apa batasannya sehingga gaya ini adalah JDM atau Dub City? Berikut ini saya uraikan deskripsi dari masing-masing style.





 1. JDM 
Japan Domestic Market atau biasa kita sebut JDM adalah suatu aliran modifikasi dimana semua bagian part mobil menggunakan part asli yg berasal dari Jepang, bukan replika. Sebagai contoh Mitsubishi Lancer GTI memakai semua bodypart Lancer Evo, kenapa bisa dibilang sebagai JDM? Karena bagian part mobil menggunakan komponen asli dari Jepang yg tidak diedarkan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) mobil tersebut di indonesia. Toyota Starlet di Indonesia berbeda dengan Toyota Starlet JDM, karena stalet JDM headlampnya menggunakan lampu bulat yg terpisah dua. Aliran tersebut sekarang sangat menjamur di seluruh ibu kota di Indonesia. Salah satu alasan mengapa aliran JDM ini banyak dianut adalah karena modifikasi JDM itu simple, dan enak dilihat. Segala komponen asli Jepang maka spare part itu sudah termasuk JDM.


2. USDM


United State Domestic Market adalah mobil berpenampilan elegan dan biasanya di bumper sebelah kanan atau kiri ada lampu tambahan yg berfungsi sebagai signal agar pengendara dari samping bisa melihatnya.
Selain itu mobil-mobil USDM rata-rata memiliki part bumper sedikit lebih besar dibandingkan dengan JDM karena ada penahan benturannya dan juga terlihat lebih modis.








3. Dub City
Dub city adalah aliran yg mengutamakan kemewahan yg menonjolkan kekayaan atau prestige pemilik mobil. Ciri khasnya adalah penggunaan velg besar ukuran 20”-26” full chrome, interior mewah menggunakan balutan kulit asli dan kancing atau aksesorisnya memakai crystal Swarovski. Pada Dubcity Audio system selalu menganut aliran Sound Pressure Level (SPL) dimana dentuman bass sangat kuat. Untuk cat sering kali menggunakan warna hitam atau putih karena identik dgn kemewahan, tapi kadang diaplikasikan juga dengan sapuan airbrush yg simple tetapi kelihatan mewah. Untuk segi warna cat shiny dan wetlook adalah kewajiban buat modifkasi Dub City

4. VIP
Very Important Personal adalah style modifikasi simple tidak terlihat extreme tapi banyak ubahan pada bagian eksterior. Tambahan bodykit dan velg berukuran super besar dan lebar serta celong kedalam, dengan offset negatif dengan memiringkan sisi chamber. 
Interiornya dibuat rapih dan bersih dan dibalut oleh kulit berkualitas tinggi supaya terlihat elegan. TIdak banyak accessories yang berlebihan. Sistem audio untuk memanjakan telinga menggunakan kualitas suara (SQ). Modifikasi ini sering juga menggunakan aplikasi tambahan yaitu Air Suspension supaya extreme dan body mobil lebih dekat dengan tanah.

5. Vintage/Classic
Modifikasi ini adalah mengembalikan kondisi mobil seperti awal mobil tersebut dibuat, dengan mengutamakan keaslian part mobil tersebut. Meskipun terlihat simple jangan salah, modifikasi aliran ini cukup banyak menghabiskan banyak uang karena harga parts-parts mobil tersebut sangat mahal karena sudah jarang dipasaran atau tidak diproduksi lagi.
Umumnya cat yang digunakan adalah warna-warna solid yang terang seperti krem, putih, coklat, merah tua.
Sedangkan untuk sektor interior menggunakan bahan standard pabrik mobil tersebut.

Nah, sekarang tinggal anda sesuaikan selera, karakter diri pribadi, dan kocek untuk memodifikasi mobil kesayangan anda
 



Sabtu, 27 April 2013

Tips Membawa Mobil Ceper



Membawa mobil ceper memang susah-susah gampang. Berikut tips khusus untuk mobil yang sudah dimodifikasi menjadi sangat rendah dari permukaan tanah. Khusunya yang suspensi mobilnya udah di potong menjadi lebih pendek dari mobilnya...

Dengan keadaan seperti itu kadang kita selalu berhati-hati apabila sedang berjalan keliling kota, apalagi menghindari jalan yang bumpy dan banyak polisi tidurnya. Nah untuk yang punya mobil yang udah direndahin ketinggiannya dan mempunyai rumah di komplek perumahan, umumnya banyak sekali polisi tidurnya.

Adapun tipsnya adalah :
1. Apabila ingin melewati polisi tidur, kendaraan yang kita arahkan kesisi yg paling kiri misalnya, kemudian sebelum melewatinya kira-kira 1 meter belokkan stir patah kekanan, kira-kira roda depan sebelah kiri yang melewati polisi tidur duluan, pelan-pelan ketika roda depan kanan diatas polisi tidur putar stir kearah berlawanan, setelah itu kira2 setengah bodi kendaraan melewati polisi tidur perlahan luruskan setir searah pada jalanan.
2.Apabila sedang mempraktekkan tips diatas, kita harus hati-hati melihat spion untuk melihat apakah ada kendaraan lain di belakang kita atau tidak. Demikian tips berdasarkan dari pengalaman saya, semoga bermanfaat bagi anda :)

Modifikasi Extreme Daihatsu Xenia



      Mungkin kalian merasa heran atau bahkan aneh jika melihat mobil ini. Yap semua bagian yang ada dimobil ini digerakan dengan automotorized tinggal tekan tombol semua bagian mobil akan terbuka secara otomatis. Dihatsu Xenia keluaran tahun 2010 masuk dalam kategori extreme memang, pemilik dari mobil tersebut adalah seorang Ibu yang akrab dipanggil Wulan yang super gaul karena hobi modifikasinya didukung oleh suaminya.
     Dalam proses modifikasi mobil tersebut dikerjakan oleh crew bergengsi di Jogjakarta yaitu Kupu-Kupu Malam dan Catalunya crew. Kalian mungkin tahun crew tersebut memang paling sering menangani proses modifikasi extreme.
     Dibagian eksterior banyak terjadi perubahan bahkan sudah tak mirip seperti aslinya lagi. Bumper depan custom dengan grill bergaris serta menggunakan headlamp milik Ford Fiesta dan foglamp menggunakan Mazda2 membuat mobil ini terlihat sangar. Yang paling extreme adalah bagian atap mobil yang dichoptop, tidak hanya memotong pilar menjadi rendah tapi juga atap bisa terbuka seperti mobil cabriolet hingga bisa terbuka sampai kemiringan 45 derajat. Tak hanya itu ubahan extreme juga pada bagian pintu yang dibuat dengan model gullwing dan suicide. Pada bagian interior tak kalah kerennya, lihat saja bagian dashboard yang awalnya standar kini dibuat custom dengan bentuk futuristik serta speedometer pindah ke bagian tengah. 

     Kurang puas rasanya kalo blm merubah pada bagian audio. Untuk memanjakan telinga Venom memang menjadi adalan para modifikator. Speaker depan dan belakang  menggunakan Venom VX6D sebanyak 5 set, sedangkan bagian subwoofer terpasang 5 unit Venom VX3110W. Semua dikendalikan oleh 4 headunit power Venom VO 460. Dan untuk bagian entertaiment hiburan DVD menggunakan Symbion 2 din.
Tak sia-sia hasil modifikasinya, saat show off Ibu tersebut mendapat gelar King Extreme pada kontes modifikasi di Solo, Jawa Tengah bulan Mei lalu.

Apa Itu Drifting??



   Drifting merupakan teknik menyetir di mana pengemudi berusaha membuat agar mobilnya berada dalam posisi miring dan meluncur selama mungkin. Biasanya para drifter (pembalap drifting) hanya menggunakan gigi dua dan rem tangan untuk menunjukkan teknik tingkat tinggi ini, karena itulah sangat dibutuhkan keahlian tertentu dan disiplin yang cukup tinggi untuk dapat menguasai teknik mengemudi seperti ini. Saat ini Drifting sudah menjadi olah raga profesional yang berjalan di bawah bendera D1 Grand Prix. 
     Jenis Mobil Untuk Drifting biasanya mobil-mobil yang diturunkan dalam ajang drifting adalah mobil-mobil yang berbobot ringan hingga sedang dengan tipe coupe atau sedan dan menggunakan penggerak roda belakang atau RWD (rear wheel drive) seperti Nissan Skyline, Nissan Sylvia, Toyota Mark II, Toyota Corolla DX, dan Toyota Levin/Sprinter Trueno (AE86). Pada mobil jenis ini tenaga untuk sliding selalu disalurkan oleh roda belakang, sedangkan roda depan dimanfaatkan untuk mengontrol mobil/drift.
   Tapi saat ini, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa mobil-mobil yang menggunakan tipe penggerak FWD (front wheel drive) semacam Subaru Impreza WRX STi dan Mitsubishi Lancer Evolution juga ikut turun dalam ajang drifting. Kesulitan akan didapat apabila memakai mobil dengan penggerak roda depan, dimana tenaga dan kontrol ada di roda depan sehingga agak susah untuk menaklukkan beberapa tikungan sekaligus.
   Teknik drifting dilakukan dengan cara membiarkan ban belakang slip dengan alur yang lebih besar daripada ban depan. Ini biasanya terjadi saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, kemudian arah dibelokan tanpa mengurangi kecepatan mobil. Jika teknik drifting dilakukan dengan tidak tepat, bisa menyebabkan mobil melintir dan kehilangan kendali. Karena itu, kecepatan dan sudut belokan harus diambil secara akurat.
   Ada dua teknik utama yang digunakan oleh drifter untuk menciptakan gerakan drift yaitu Clutching (penggunaan kopling) dan braking (penggunaan rem). Dalam teknik clutching, saat mobil pembalap mendekati tikungan, ia akan menekan kopling dan pindah ke gigi 2. Lalu pembalap akan menekan gas sampai sekitar 4500 rpm. Saat kopling dilepas, akan ada putaran kuat pada ban karena saat itu mesin sedang berputar cepat. Kekuatan besar mendadak ini membuat ban belakang berputar sangat cepat sampai kehilangan traksi dan bagian belakang mobil akan melintir. Sementara dalam teknik braking, pengemudi menarik rem tangan saat memasuki tikungan sehingga menyebabkan ban belakang terkunci dan kehilangan traksi dan menciptakan gerakan drift. Teknik ini adalah satu-satunya teknik yang bisa digunakan untuk mobil-mobil front wheel drive (FWD). Sementara untuk mobil rear wheel drive (RWD) memiliki setidaknya satu lusin teknik. Inilah sebabnya lebih banyak pro drifter yang menggunakan mobil rear wheel drive (RWD) untuk dibesut.
    Saat ini drift sudah tercipta dengan melakukan teknik yang benar, maka yang selanjutnya harus dilakukan adalah menjaga agar mobil tetap terkontrol. Untuk yang satu ini diperlukan keahlian dari si pengemudi dalam mengontrol kombinasi antara gas dan setir.

Misteri Tempat Berhantu di Indonesia



    Kisah misteri sangat digemari, apalagi kalau melibatkan hantu. Banyak yang tidak percaya tetapi tak sedikit juga yang percaya adanya hantu. Ada yang bilang, mereka punya sifat seperti manusia, ada yang baik, ada yang buruk. Bahkan sebenarnya, kita bisa hidup damai bersama para hantu.
Rumah di kawasan elite Pondok Indah, Jakarta, yang dipercaya sebagai rumah berhantu. Masyarakat Ibu Kota pun geger. Orang dari berbagai sudut kota berduyun-duyun datang sekadar melihat wujud bangunan itu. Jalan di seputaran Pondok Indah itu jadi macet. Benarkah rumah yang sedang dalam sengketa itu dihuni hantu? ”Percaya enggak percaya sih,” begitu umumnya jawaban pengunjung.
     Awalnya banyak media masa yang heboh rumah hantu dari raibnya penjual nasi goreng. Si tukang nasi goreng itu mendapat pesanan dari penghuni rumah itu. Anehnya, dia tidak kunjung kembali setelah mengantar pesanan. Temannya sesama penjual nasi goreng, hanya menemukan gerobaknya parkir di depan rumah kosong itu.

     Dibeberapa tempat di Jakarta sudah banyak dipercaya sebagai tempat berhantu. Misalnya Stasiun Kota, yang katanya ditunggui oleh para serdadu asing. Di sana sering terdengar suara aba-aba tentara yang tengah berbaris dan berbicara dalam bahasa Belanda. Dan juga sebuah toilet wanita di lantai 5 Gedung Sarinah, Jln. M.H. Thamrin, Jakarta dihuni oleh hantu wanita. Sedangkan Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) menjadi tempat tinggal hantu wanita berbusana pengantin putih.
     Dunia hantu memang selalu menarik perhatian, lantaran ada lorong-lorong misteri yang membuat orang penasaran. Sebuah dunia yang tidak terang benar tetapi mengusik keingintahuan, itulah yang kini banyak diekspos oleh media cetak dan elektronik. Situs di dunia maya yang membahas soal hantu pun sangat banyak. Misalnya, membuat daftar gedung atau rumah paling berhantu di berbagai negara. Juga mendeteksi keberadaan hantu dan mendokumentasikannya dengan cara-cara tertentu.